Mendesain Gameplay Loop

    Pada post ini kita akan memulai membuat sebuah gameplay loop, kamu mungkin ingin tau apa itu gameplay loop?

    Sebuah gameplay loop merupakan perulangan gameplay sebuah game. perulangan ini dimulai dari awal sebuah level dimulai hingga level tersebut selesai. jadi dalam sebuah game platformer maka itu adalah proses player melewati sebuah level, Gameplay loop tersebut akan berulang setiap player melewati level yang berbeda.

Mari kita melihat beberapa contoh dari gameplay loop dari game-game berikut:

1. Tobu - Tobu Girl


    Tobu-tobu girl merupakan game yang memilikin ide dasar terbang. Tujuan dari game ini adalah mencapai bagian tertinggi dari sebuah level. Cara player untuk mencapai puncak level tersebut yang paling utama adalah Terbang, tetapi Terbang hanya dapat dilakukan dalam batasan tenaga tertentu. jadi jika tenaga tersebut habis maka player tidak dapat terbang Terbang.
    Lalu apa yang player dapat lakukan jika player telah kehabisan tenaga? Hal yang bisa kamu lakukan adalah Menindih musuh untuk mendapatkan dorongan kecil keatas, kamu bisa menggunakan ini untuk beristirahat sebentar sambil melihat lokasi berikutnya, atau jika musuh berikutnya dakat dapat kamu gunakan untuk melanjutkan perjalananmu ke atas.
    Dan hal yang dapat kamu lakukan adalah menabrak musuh dengan menggunakan Dash. teknik ini adalah satu-satunya cara player untuk menambah tenaga rocket. tapi dash ini dibatasi sebanyak 3 kali dan akan berkurang setiap kali player melakukan Dash. satu-satu cara player dapat mendapatkan dash kembali adalah dengan cara Menindih musuh.

Maka dengan 3 mekanik ini : Menindih, Dash, dan Terbang
Berikut ini merupakan gambaran gameplay loop dari 3 mekanik tersebut:

Gameplay Loop dari Tobu-Tobu Girl (sumber visual dari manual tobu-tobu girl)

2. Downwell

 

    jika Tobu Tobu Girl memfokuskan agar pemain naik ke atas Downwell kebalikannya. tujuan utama Downwell adalah mencapai bagian terbawah dari level sementara menghindari semua rintangan yang berada di bawahmu. karena tujuan game yang sangat berbeda ini fungsi musuh bukan lagi untuk digunakan untuk mencapai tujuan utama melainkan untuk menghentikan pemain untuk mencapai tujuan utama.
    Game Downwell sama seperi Tobu – Tobu Girl juga memiliki sistem mengisi tenaga yang akan terisi jika menindih musuh hanya saja tenaga ini digunakan untuk menembakkan “Gun boot” yang akan memberikan pemain sedikit dorongan ke atas yang dapat digunakan untuk menyesuaikan jalur jatuhnya. menindih musuh juga memberikan combo yang ketika menyetuh tanah diubah menjadi Gems yang dapat digunakan untuk membeli perlengkapan di toko.

Gameplay Loop dari Downwell
   Perbedaan yang terbesar dari keduanya adalah di Tobu-tobu Girl player diharuskan untuk mencapai puncak level dengan cepat, sedangkan di Downwell player diharuskan untuk mencapai bawah level dengan hati-hati. karena perbedaan fundemental ini maka kecepatan gameplay, dan dengan itu kecepatan gameplay loop yang dibutuhkan sangat berbeda

Cara Menganalisis Gameplay Loop ide gamemu

    Sebuah Gameplay loop dalam sebuah game adalah yang menentukan kecepatan sebuah game. semakin sedikit langkah yang harus dilakukan sebelum gameplay itu berulang maka semakin cepat gameplay game tersebut. dengan menentukan bagaimana gameplay loop akan berputar kamu dapat menentukan seberapa cepat player harus memainkkan gamemu.
    Cara termudah untuk mengetahui bagaimana gameplay loop idemu adalah dengan menulis berapa banyak aksi yang akan kamu lakukan saat bermain game dengan ide tersebut. kemudian tuliskan bagaimana proses aksi tersebut akan terjadi setiap langkahnya hingga menjadi sebuah lingkaran yang akan terus berulang.

    Baiklah sekian untuk post yang satu ini semoga bermanfaat bagi kalian yang membaca. sekian dari saya semoga hari anda menyenangkan.

Komentar

Postingan Populer

Games