Mendesain Gameplay Loop
Sebuah gameplay loop merupakan perulangan gameplay sebuah game. perulangan ini dimulai dari awal sebuah level dimulai hingga level tersebut selesai. jadi dalam sebuah game platformer maka itu adalah proses player melewati sebuah level, Gameplay loop tersebut akan berulang setiap player melewati level yang berbeda.
Mari kita melihat beberapa contoh dari gameplay loop dari game-game berikut:
1. Tobu - Tobu Girl
Lalu apa yang player dapat lakukan jika player telah kehabisan tenaga? Hal yang bisa kamu lakukan adalah Menindih musuh untuk mendapatkan dorongan kecil keatas, kamu bisa menggunakan ini untuk beristirahat sebentar sambil melihat lokasi berikutnya, atau jika musuh berikutnya dakat dapat kamu gunakan untuk melanjutkan perjalananmu ke atas.
Dan hal yang dapat kamu lakukan adalah menabrak musuh dengan menggunakan Dash. teknik ini adalah satu-satunya cara player untuk menambah tenaga rocket. tapi dash ini dibatasi sebanyak 3 kali dan akan berkurang setiap kali player melakukan Dash. satu-satu cara player dapat mendapatkan dash kembali adalah dengan cara Menindih musuh.
Berikut ini merupakan gambaran gameplay loop dari 3 mekanik tersebut:
![]() |
Gameplay Loop dari Tobu-Tobu Girl (sumber visual dari manual tobu-tobu girl) |
2. Downwell
jika Tobu Tobu Girl memfokuskan agar pemain naik ke atas Downwell kebalikannya. tujuan utama Downwell adalah mencapai bagian
terbawah dari level sementara menghindari semua rintangan yang berada di
bawahmu. karena tujuan game yang sangat berbeda ini fungsi musuh bukan
lagi untuk digunakan untuk mencapai tujuan utama melainkan untuk
menghentikan pemain untuk mencapai tujuan utama.
Game Downwell sama
seperi Tobu – Tobu Girl juga memiliki sistem mengisi tenaga yang akan terisi jika menindih musuh hanya saja tenaga ini digunakan untuk menembakkan “Gun boot” yang
akan memberikan pemain sedikit dorongan ke atas yang dapat digunakan
untuk menyesuaikan jalur jatuhnya. menindih musuh juga memberikan combo
yang ketika menyetuh tanah diubah menjadi Gems yang dapat digunakan
untuk membeli perlengkapan di toko.
![]() |
Gameplay Loop dari Downwell |
Cara Menganalisis Gameplay Loop ide gamemu
Sebuah Gameplay loop dalam sebuah game adalah yang menentukan kecepatan sebuah game. semakin sedikit langkah yang harus dilakukan sebelum gameplay itu berulang maka semakin cepat gameplay game tersebut. dengan menentukan bagaimana gameplay loop akan berputar kamu dapat menentukan seberapa cepat player harus memainkkan gamemu.
Cara termudah untuk mengetahui bagaimana gameplay loop idemu adalah dengan menulis berapa banyak aksi yang akan kamu lakukan saat bermain game dengan ide tersebut. kemudian tuliskan bagaimana proses aksi tersebut akan terjadi setiap langkahnya hingga menjadi sebuah lingkaran yang akan terus berulang.
Baiklah sekian untuk post yang satu ini semoga bermanfaat bagi kalian
yang membaca. sekian dari saya semoga hari anda
menyenangkan.
Komentar
Posting Komentar