Membangun Ide Game

    Ketika kita ingin membuat hal yang pertama kita pertanyaakan adalah kita harus memulai dari mana. dalam proses pembuatan game ada berbagai cara untuk memulai membuat game, dan biasanya proses ini dipengaruhi oleh faktor game yang kita ingin buat.

    Dalam post ini saya akan menjelaskan proses membuat game dengan fokus Gameplay. dengan mengikuti fokus gameplay maka yang harus kita miliki sebelumnya adalah bagaimana memainkannya.
agar memudahkan membayangkannya maka mari kita mulai dengan membuat mekanik gameplay terlebih dahulu.

    Mari kita mulai dengan membuat mekanik utama, tergantung dengan genre game yang ingin kamu buat ini bisa sangat berbeda. tetapi agar memudahkan anda lebih jelas maka akan saya beri contoh dari genre game favorit saya yaitu platformer.

    Dalam platformer ide dasar dari genre ini adalah agar pemain dapat melewati dari awal level hingga mencapai akhir level dengan cara melewati rintangan yang dapat berupa tata letak level, ataupun tata letak musuh. sehingga kita dapat membangun ide mekanik dengan cara menanyakan beberapa hal berikut:

  1. Bagaimana pemain akan bergerak dari start hingga finish?
  2. Apakah tantangan dari cara bergerak tersebut?
  3. Apakah ide tersebut bisa dikembangkan lagi?

Bagaimana pemain akan bergerak dari start hingga finish?

    Karena platformer gameplaynya fokus dalam menggerakkan player dalam sebuah level. maka tentunya pengting bagi kita untuk pertama memikirkan bagaimana cara kita menggerakkan karakter kita. mungkin sudah terbayangkan untuk sekedar membuat karakternya dapat bergerak ke 2 arah dan dapat melompat tetapi ada beberapa cara untuk membuat cara gerak karakter.
    Salah satunya adalah membuat limitasi, bagaimana jika bukannya kita bergerak dengan menggunakan arah panah kita malah membuat game dimana player dapat melontarkan diri mereka dengan menembakkan rocket kebelakang karakter untuk bergerak maju, atau kebawah untuk melontarkan player ke atas. Dari ide bergerak tersebut kita sudah mempunyai dasar untuk membuat gameplay platformer dengan tambahan puzzle.


Apakah tantangan dari cara bergerak tersebut?
    Dari ide yang telah kita buat tadi dapat terlihat bahwa tantangan dari cara bergerak tersebut adalah bagaimana player harus mengarahkan rocketnya agar terlontar ke finish sambil melewati rintangan level, rintangan musuh dan mungkin jika mau terlalu dekat dengan ledakan rocket.

Apakah ide tersebut bisa dikembangkan lagi?
Sekarang begitu kita memiliki ide mekanik bergerak ini apakah kita masih bisa mengembangkan ide ini?
tentunya bisa!

Shigeru Miyamoto Direktur dari Nintendo pernah berkata:

"Sebuah ide yang bagus adalah ide yang dapat memecahkan bukan hanya satu masalah, tetapi bisa menyelesaikan beberapa masalah secara sekaligus"
    Jadi kita bisa menggunakan ide menembakkan rocket tersebut dan kita kembangkan lagi misalnya agar pemain bisa menggunakan rocket tersebut untuk menghancurkan beberapa struktur level, serta menghancurkan musuh yang dapat menyerang pemain. jika kita ingin menonjolka sisi puzzle maka kita dapat memberikan batasan berapa banyak rocket yang kita bisa tembakkan dalam sebuah level.

Untuk memudahkan anda mengembangkan ide tersebut, anda dapat menggunakan cara menambahkan "Tetapi" setelah kata ide kalian. misalnya:

Player dapat menembakkan rocket untuk bergerak Tetapi
Player hanya dapat menembakkan rocketnya jika menyentuh tembok atau lantai

atau

Player dapat menembakkan rocket untuk bergerak Tetapi
Jika terlalu dekat maka player dapat terkena damage dari ledakan rocket

Baiklah sekian untuk post yang satu ini semoga bermanfaat bagi kalian yang membaca, pada post selanjutnya saya akan menjelaskan cara membuat ide ini menjadi sebuah Gameplay Loop. sekian dari saya semoga hari anda menyenangkan.

Komentar

Postingan Populer

Games